writing a dissertation literature review sample literature review paper apa format finance term paper topics of mice and men essay prompts kkk research paper research paper internet
0 item in the bag

No products in the cart.

Diskon besar di banyak kategori produk.

4 Hal yang pantang dilakukan saat menstruasi

 

Menstruasi atau haid merupakan siklus rutin rata-rata setiap 28 hari bagi wanita. Walaupun sebagian kecil tidak mengikuti siklus ini kadang-kadang 21 hari sampai 30 hari. Biasanya, menstuasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Untuk itu jika mengalami mens lebih dari 15 hari sevaiknya segera mengunjungi dokter untuk diperiksa. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

siklus menstruasiSaya menemukan satu artikel yang menarik untuk dibagikan yaitu : 4 hal terlarang untuk dilakukan saat sedang datang bulan.
4 Hal yang Harus Dihindari saat menstruasi :

1. Berhubungan intim

Hubungan badan saat sedang menstruasi secara tegas dilarang dalam ajaran agama tertentu, secara medis pun berhubungan intim di kala perempuan sedang haid tidak disarankan. Alasan medisnya, saat haid pembuluh darah didaerah intim wanita membuka sehingga daerah ini menjadi kurang steril.Cenderung memungkinkan munculnya kuman, sehingga kuman dan keadaan tidak steril ini bisa membahayakan wanita bila berhubungn seksual. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah sudden death atau kematian mendadak. Pada saat menstruasi banyak pembuluh darah yang membuka. Hubungan intim bisa berakibat terbawanya udara dari luar masuk melalui pembuluh darah yang terbuka sampai ke jantung. Ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

2. Melakukan olahraga berat

Banyaknya pembuluh darah arteri yang terbuka pada saat haid dapat menyebabkan perlukaan. Seorang perempuan yang sedang menstruasi dan melakukan olahraga dikhawatirkan akan mengalami pendarahan berat. Memang tidak semua olahraga akan menyebabkan hal tersebut, tapi sebaiknya sesuaikan olahraga yang dipilih dengan kondisi tubuh. Perempuan dengan kondisi tertentu bisa jadi akan mengalami perdarahan berat ketika memaksakan diri bersenam aerobik saat haid.
Secara umum pun, perempuan yang sedang menjalani siklus bulanannya akan merasa lebih lemas, dan beberapa bahkan menderita nyeri perut, mual, pinggang pegal-pegal, pening, bahkan ada yang sampai pingsan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi porsi olahraga yang cukup berat atau sebaiknya pilih saja olahraga ringan seperti jalan santai.

3. Terbelenggu Mitos

Larangan memotong rambut, menggunting kuku, dan keramas selama haid tidak memiliki penjelasan secara medis. Khususnya larangan keramas, menurut Mimi jelas tidak tepat. “Apalagi perempuan yang sedang menstruasi justru harus menjaga kebersihan anggota tubuhnya. Keramas saja sampai bersih, enggak masalah kok,” saran Mimi. Intinya, bila ada mitos-mitos yang dirasa tidak masuk akal, sebaiknya jangan dituruti.

4. Berenang

Secara teori, pembuluh darah yang membuka dapat mengecil ketika kontak dengan air. Contoh yang gampang adalah seringkali anak yang jatuh dan terluka dikompres dengan batu es untuk menghentikan perdarahannya. Bedanya, walau darah yang dikeluarkan saat menstruasi hanya sekitar 30 cc, tapi kontak dengan air tidak akan menyebabkan darah tersebut terhenti.Kontak dengan air yang dimaksud di sini di antaranya berenang, menyelam, berendam di bath tub, whirlpool, dan sejenisnya. Ini penting untuk diketahui, sebab banyak beredar anggapan yang salah, yaitu perempuan yang sedang menstruasi darahnya akan berhenti ketika berada dalam air. Selain itu tidak ada yang dapat memastikan apakah air yang digunakan untuk berendam itu steril. Bisa jadi air kolam renang atau air laut mengandung banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Apalagi bila si perempuan ini berendam dalam waktu lama.Saat sedang haid semua wanita pasti memakai pembalut untuk menjaga bagian intim agar tetap higienis selain memudahkan kamu dalam beraktifitas. Selanjutanya saya akan menuliskan artikel mengenai pembalut yang baik. Silakan terus mengikuti kami agar kamu bisa mendapatkan update kabar

Demikian artikel ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

sumber : www.kriteriator.com

Leave a response